Wisata PAPUA-Puncak Cartensz

PUNCAK CARTENSZ PAPUA
PUNCAK CARTENSZ PAPUA
Carstensz adalah puncak yang terletak di Pegunungan Jayawijaya dan menjadi salah satu dari 7 puncak tertinggi (seven summit) sedunia, dengan ketinggian mencapai 4,884 M dari permukaan laut. Tak sedikit pendaki yang berhasil menginjakkan kaki di sana. Masing-masing, dengan suka dukanya sendiri.

Puncak Carstensz tak hanya jadi destinasi impian pendaki Indonesia. Para pendaki profesional dari berbagai negara berlomba-lomba menyambangi Pegunungan Sudirman Taman Nasional Lorentz, Papua, demi menggapai puncak tertinggi di lempengan Australasia itu.

Puncak Jaya awalnya disebut ‘Carstensz Pyramid‘, setelah penjelajah Belanda Jan Carstensz yang pertama kali melihat gletser di puncak gunung pada hari yang cerah dan langka pada tahun 1623 (Carstensz diejek di Eropa ketika ia mengatakan ia telah melihat salju di dekat khatulistiwa ). Nama ini masih digunakan di kalangan pendaki gunung. Tahun 1909 padang salju Puncak Jaya berhasil dicapai oleh seorang penjelajah Belanda, Hendrik A. Lorentz, walaupun ia tidak naik sampai ke puncak. Lalu pada tahun 1962, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh pendaki gunung dari Austria, Heinrich Harrer (selamaTujuh Tahun di Tibet telah memperoleh ketenaran) dengan tiga teman-temannya, Candi, Kippax dan Huizenga menaklukkan Puncak Jaya.

cartensz

cartensz

Puncak Carstensz berada di Pegunungan Jayawijaya yang mencakupi 3 kabupaten, yakni Puncak Jaya, Intan Jaya dan Mimika. Wilayah ini antara lain dihuni Suku Dani. Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk mengunjungi mereka dan menikmati kebudayaan mereka.

Pendakian menuju puncak benar-benar sungguh menarik dan menantang, maka Anda sebaiknya memiliki persiapan yang matang sebelum melanjutkan ke puncak gunung. Anda harus memiliki beberapa pengalaman mendaki gunung sebelum datang ke Puncak Jaya (Carstensz Pyramid).

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk mencapai Puncak Cartenz?Jika Anda dari Jakarta dapat menggunakan pesawat menuju Timika, Papua. Lalu, dilanjutkan naik pesawat perintis yang hanya berkapasitas 12 kursi menuju Sugapa di Intan Jaya. Dari sana, perjalanan dilanjutkan 8 jam ke Desa Ugimba dan perjalanan menuju Puncak Carstensz tinggal 2 hari paling cepat dengan trekking. Desa Ugimba telah ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Di desa ini Anda dapat menghubungi “Adventure Carstensz” yang merupakan salah satu operator tour yang menawarkan jasa pendakian ke puncak bersalju tersebut. Mereka bekerjasama dengan Pemkab Intan Jaya. Pemiliknya, Maximus Tipagau membeberkan rincian biaya mendaki Puncak Carstensz.

“Kalau turis mancanegara, biayanya USD 10 ribu sampai USD 11 ribu,” katanya setelah acara Penandatanganan Prasasti Peresmian Desa Wisata Ugimba dan Daerah Wisata Carstensz Pyramid oleh Menparekraf, Mari Elka Pangestu di Lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Biaya tersebut sudah meliputi perjalanan pendakian ke Puncak Carstensz, baik dari tenda, makanan, porter, transportasi, pemandu, kemanan dan bermalam di homestay setelah pendakian. Bagaimana dengan harga wisatawan dalam negeri?

“Kalau wisatawan lokal biasanya biayanya mulai Rp 30 juta. Perjalananya bisa diatur dan bisa disesuaikan harganya, paling cepat perjalanannya 5 hari,” terang Maximus.

Maximus menjelaskan, biaya pendakian ke Puncak Carstensz memang besar. Hal itu dikarenakan soal transportasi, makanan dan penginapan. Lagipula, baru hanya ada penginapan homestay dari Adventure Carstensz saja di Desa Ugimba.

“Kami tidak mematok harga yang mahal bagi wisatawan Indonesia. Sebab, kalau lebih mahal dari itu nanti tak ada yang datang,” tuturnya.

Sudah siap mendaki Puncak Carstensz? Ehhh, jangan lupa urusan yang satu ini, yaitu terkait izin, karena Anda mungkin telah memperhatikan bahwa untuk menjalankan aturan pendakian Carstensz Pyramid Expedition, ada sejumlah izin yang berbeda kita harus mendapatkan melalui prosedur yang panjang dan rumit, surat referensi dari Negara Wisata Dept, Security Clearance dari ARMY Intelegence , Travelling Izin dari POLISI HQ dan beberapa dokumen lainnya. Tidak hanya untuk menyelesaikan prosedur, tapi ini semua diperlukan untuk memastikan apakah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi selama ekspedisi Anda dari titik keamanan, pemerintah akan mengambil TANGGUNG JAWAB penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *