Danau Kelimutu

Indonesia merupakan sebuah negara dengan banyak pusat wisata, dan Danau Kelimutu yang terletak di pulau Flores, merupakan tempat yang menjadi tujuan wisata orang-orang baik di dalam maupun di luar negeri. Yang membuat danau yang ada di gunung dengan nama sama di Desa Pemu, Kelimutu ini adalah  ketiga danau yang ada dalam satu kawah ini memiliki tiga warna yang berbeda-beda. Sangat sedikit literatur ilmiah mengenai sejarah terbentuknya Danau Kelimutu . Danau 3 warna ini, menyebabkan segala sesuatu yang berbau ilmiah kalah dengan unsur mistis dan hikayat tradisional yang berkembang di masyarakat.

Meskipun hampir tidak ada literatur ilmiah tentang sejarah terbentuknya Danau Kelimutu – danau 3 warna ini, tidak menghentikan pembelajaran tentang danau yang warnanya selalu berubah-ubah tersebut. Sejak pertama kali ditemukan oleh seorang komandan militer Belanda bernama B. van Suchtelen pada tahun 1915, Kelimutu mulai menyambut ketenarannya terutama setelah Y. Bouman melukiskannya lewat tulisan di tahun 1929. Karena tulisan tersebut, mulai banyak wisatawan, terutama wistawan asing yang datang demi menikmati keindahan danau. Keindahan dan keunikan tiga warna dari danau ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan, tapi juga peneliti yang merasa kurangnya literatur ilmiah tentang danau ini. Bagi masyarakat sekitar Kelimutu, danau ini tidak lebih dari danau yang angker karena legenda masyarakat yang ada di kawasan tersebut.

Nama Kelimutu sendiri dipercaya adalah gabungan dari kata keli yang memiliki arti gunung, dan kata mutu yang berarti mendidih. Secara harfiah, Kelimutu dapat diartikan sebagai “gunung mendidih” dengan warna air yang berbeda. Warna-warna yang ada adalah biru, merah, dan hijau. Nama dari danau yang berwarna biru adalah Tiwu Ata Bupu/Mbupu yang berarti “danau orang tua”. Sedangkan untuk danau warna hijau namanya Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, yang memiliki arti “danau muda-mudi”. Danau yang terakhir dan memiliki warna merah disebut Tiwu Ata Polo, danau sihir.

  • Rute dan Lokasi Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur atau tepatnya berjarak kurang lebih 83 km ke arah barat kota Maumere atau 51 kilometer arah timur dari Kota Ende. Banyak para wisatawan yang lebih suka datang ke Danau Kelimutu dari arah kota Ende karena lebih dekat dan juga karena rute penerbangan ke kota Ende jauh lebih banyak.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Danau Kelimutu, dari arah manapun Anda, maka datanglah terlebih dahulu ke pulau Flores. Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan transportasi darat, udara dan laut. Tapi saya sangat merekomendasikan Anda untuk pergi ke pulau Flores dengan menggunakan pesawat atau kapal laut saja karena jika menggunakan bis bisa lebih lama dan lebih melelahkan.

Jika menggunakan pesawat, maka Anda bisa menggunakan rute penerbangan dari Surabaya – Kupang – Ende atau bisa juga menggunakan rute Surabaya – Denpasar – Ende. Sedangkan jika menggunakan kapal laut, maka sebaiknya menggunakan kapal Dharma Lautan Utama dari Surabaya – Maumere yang biasanya memakan waktu kurang lebih 3 hari 2 malam. Setelah sampai di Ende atau Maumere, maka Anda bisa menggunakan travel jurusan Ende-Maumere dan turun di desa Moni. Dari desa Moni, Anda tinggal naik ojek sampai ke tempat parkir Danau Kelimutu.

  • Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jam Buka Danau Kelimutu
Sebenarnya objek wisata Danau Kelimutu dibuka 24 jam karena tempat ini merupakan objek wisata gunung seperti gunung yang lain yang dapat didaki kapanpun. Namun, karena jarak trekkingnya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak ada wisatawan yang menginap di atas. Hanya saja kebanyakan pendaki mulai berangkat dari penginapan sekitar pukul 2 atau 3 pagi agar bisa menikmati keindahan sunrise di ufuk timur puncak danau Kelimutu.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk Danau Kelimutu adalah sekitar Rp.3000,- pada weekday dan Rp.5000,- pada weekend dan hari libur nasional.

  • Fasilitas Umum di Sekitar Danau Kelimutu

  1. Penginapan
    Penginapan di sekitar danau Kelimutu sangatlah sederhana. Meskipun begitu beberapa di antaranya cukup nyaman digunakan untuk menginap. Berikut daftar penginapan yang bisa Anda jadikan referensi:
NO NAMA NOMOR TELEPON
1 Kelimutu Crater Lakes Eco Lodge 0812 3995 212
2 Bintang Lodge 0812 3761 6940
3 Christin Lodge 0812 4659 4236
4 Hidayah Guesthouse 0853 3901 1310
5 Palm Bungalows 0852 3792 3036
6 Watugana Bungalows 0813 3916 7408
7 Hotel Flores Sare 0381 21075
  • Rumah Makan
    Anda dapat menemukan rumah makan dengan mudah di sekitar penginapan. Di area parkir juga terdapat kurang lebih 3 warung makan sederhana serta di puncak di sekitar tugu Danau Kelimutu banyak pedagang asongan yang berjualan minuman hangat dan juga makanan cepat saji.
  • Area Parkir
    Area parkir objek wisata danau kelimutu cukup bagus karena sudah dibeton dan juga luas sehingga bisa menampung kendaraan roda dua dan roda empat dalam jumlah banyak sekaligus.
  • Toilet Umum
    Terdapat toilet umum dengan beberapa kamar mandi di sebelah area parkir kendaraan dan hanya perlu membayar seiklasnya.
  • Tips Berwisata di Danau Kelimutu
  1. Sebaiknya berangkat pagi hari sekitar pukul 3 dini hari agar Anda bisa menikmati keindahan terbitnya matahari di puncak Danau Kelimutu;
  2. Suhu udara di objek wisata ini cukup dingin di pagi hari, jadi pastikan Anda membawa pakaian hangat seperti jaket atau jumper dan juga penutup kepala;
  3. Jika Anda berencana naik pada pagi dini hari, pastikan Anda membawa senter tangan untuk penerangan jalan atau akan lebih baik lagi jika senter kepala sehingga Anda tidak direpotkan untuk membawanya;
  4. Jika Anda menginap di penginapan di desa Moni, sebaiknya membawa lotion anti nyamuk agar Anda bisa tidur dengan tenang karena di sana banyak nyamuk.
Demikianlah informasi singkat tentang objek wisata Danau Kelimutu di pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfaat dan semoga perjalanan wisata Anda ke Danau Kelimutu mengesankan. Jika Anda menyukai informasi wisata ini, mohon share dengan memberikan like atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih 🙂

#ExploreFloresNTT #AyokBerkunjung

2 Comments:

  1. wahh ternyata indonesia banyak juga yah tempat wisatanya:) bagus (Y)
    ST3 Telkom

  2. Vinnesa Ririhena

    ia. benar banget sis 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *